minat calon mahasiswa terhadap pertanian berkurang

hampir semua univertitas yang memiliki fakultas pertanian baik negeri maupun swasta, memiliki pemminat yang menurun dibandingkan dengan tahun-tahun lalu. hanya ada dua perguruan tinggi yang peminatnya masih banyak yaitu UGM dan IPB. itupun terbatas pada jurusan-jurusan tertentu.

penyebaran calon mahasiswa tidak merata. umumnya yang mempunyai peminat bagus adalah jurusan Agribisnis. belum banyak diketahui mengapa demikian. bisa jadi karena calon mahasiswa sudah tahu tentang aagribisnis itu apa, atau mungkin juga calon mahasiswa nyasar milih agribisnis karena ada unsur kata bisnisnya disitu.

keprihatinan perguruan tinggi terhadap hal tersebeut dan juga didukung oleh alasan laian, maka ada ide untuk mereduksi fakultas pertanian hanya memiliki dua jurusan yaitu agribisnis dan agroekoteknologi. Ganti kulit isi mungkin masih sama

berkurangnya minat pelajar terhadap pertanian benar-benar menjadi tantangan yang amat besar. karena siapa lagi yang akan mengelola potensi agraris yang begitu besar ini nantinya. Selain pola pikir yang masih tradisional, petani saat ini nantinya juga akan hilang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s