Sepak Bola Indonesia, Jangan Lolos Piala Dunia dulu

Mungkin banyak orang bertanya kapan Indonesia bisa ikut Piala Dunia (PD)? Jawaban yang tepat bagi saya adalah “jangan sekarang” alias belum saatnya Inodensia ikut PD. Selagi pemain sepakbola Indoensia masih memadukan teknik sepakbola dengan teknik bela diri (silat, karate, bahkan tinju), tidak layak Indonesia ikutan PD. Keikutsertaannya hanya akan membikin malu bangsa.

kedewasaan dan fair play para pemain dan juga official dari negara peserta PD sangat jauh berbeda dengan persepakbolaan negara kita. Banyak keputusan wasit maupun assiten wasit yang kontravesial selama PD berlangsung. Pada laga pembuka, pertandingan antara meksiko melawan tuan rumah terjadi dianulirnya gol untuk meksiko karena dianggap telah offside terlebih dulu, padahal jelas-jelas masih ada pemain tuan rumah di depan gawang.

keputusan kontorversial terakhir adalah pada pertandingan antara Inggris Vs Jerman.  bola yang ditendang dengan keras oleh Lampard membentur gawang untuk kemudian jatuh ketanah di belakang garis, akan tetapi kemudian memantul ke gawang lagi yang akhir nya ditangkap oleh kiper di dalam garis. Karena cepatnya bola (mungkin), wasit tidak melihat bahwa bola sudah masuh gawang.

beberapa kejadian kontroversial di atas tidak sampai membuat pertandingan rusuh atau ditunda karena mogoknya pemain yang dirugikan ole keputusan wasit. official juga menerima keputusan tersebut. Bayangkan kalau ini terjadi pada kesebelasan Indonesia, bisa-bisa wasit beserta assitennya babak belur dihajar pemain, official, dan supporter.

Dengan demikian, ketidak ikutsertaan Indonesia saat ini di arena PD justru membuat saya bersyukur.karena kita masih kalah secara teknis, dewasa, dan fairplay. Harga diri bangsa kita justru akan terpelihara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s